Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA based on RTE terhadap kemampuan koneksi dan literasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Designs. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VII SMP Al Huda Jatiagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang mengahasilkan dua kelas yakni, kelas pertama (VII-A) mengaplikasikan model pembelajaran MEA based on RTE dan kelas kedua (VII-B) mengaplikasikan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes postes kemampuan koneksi dan literasi yang berbentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Oneway Multivariate Analysis of Variance (MANOVA), dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh model MEA based on RTE terhadap kemampuan koneksi (2) Terdapat pengaruh model MEA based on RTE terhadap kemampuan literasi (3) Terdapat pengaruh model MEA based on RTE terhadap kemampuan koneksi dan literasi matematis siswa.
Copyrights © 2023