JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.
Vol 6, No 1 (2024)

PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH

Irwanda, Muhammad Luthfi (Unknown)
Hasnita, Nevi (Unknown)
Fitria, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data regresi linier berganda. Data penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner dengan pengolahannya menggunakan SPSS 23. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F) dan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat, sedangkan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Secara simultan pengetahuan, kepercayaan, dan pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance publishes research articles of interest to Islamic Banking, Insurance/ Takaful, Islamic Accounting, Business Ethics and Legal Issues, Work Ethics, Islamic Work Ethics, Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Financial management, ...