Tingginya persaingan di dunia bisnis menuntut setiap perusahaan perlu memiliki keunggulan kompetitif agar mampu bersaing dalam dunia bisnis, khususnya dalam persaingan di industriproperty. Rancangan strategi yang tepat merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis.. PT. Tegel Soeryo cabang Surabaya merupakan perusahaan yang melayani penjualan produk tegel lantai dan keramik lantai. Dalam menjalankan kegiatan pemasarannya perusahaan ini masih sering mengalami kegagalan, kegagalan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kualitas produk yang kurang baik, harga produk yang terlalu tinggi, distribusi produk yang lambat, atau promosi yang kurang baik dapat menjadi penyebab produk kurang diminati pasar dan konsumen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmenting pasar, targeting pasar, postioning pasar pada produk Tegel dan Keramik di PT. Tegel dan untuk membantu mengembangkan strategi dengan algoritma Apriori dalam pengembangan strategi pemasaran. Hal ini dilakukan dengan menerapkan metode STP dan Algoritma Apriori. Berdasarkan hasil penelitian segmentasi diketahui bahwa berada pada segmen geografis dan demografi, targeting nya memiliki dua target dalam dua kelas yakni kelas atas dan kelas menengah dimana perbedaan dipengaruhi penghasilan, positioning yang diinginkan sebagai leader market dan berdasarkan algoritma apriori upaya peningkatan penjualan dengan memilih produk yang berpendukung dengan confidence sebesar 80% keatas dapat digunakan sebagai produk yang menjadi strategi prioritas untuk ditawarkan oleh PT. Tegel Soeryo.Kata kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Algoritma Apriori, Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan.
Copyrights © 2023