SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol 9, No 1 (2024): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Peran guru dalam membina karakter peduli lingkungan siswa di sekolah dasar

Kurniati, Yusri (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini ialah untuk menggambarkan peran guru dalam membina karakter peduli lingkungan siswa SDN 116 Pekanbaru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari kepala sekolah, 2 guru kelas rendah dan kelas tinggi serta siswa kelas tinggi dan kelas rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini, diproses dalam empat tahap sesuai dengan model Miles dan Huberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru memainkan peranan penting dalam membina karakter peduli lingkungan di SDN 116 Pekanbaru yakni guru berperan sebagai teladan yakni dengan memberikan contoh terhadap siswa mengenai peduli lingkungan; guru berperan sebagai penasehat dengan memberikan nasehat tentang sangat penting bagi siswa untuk memperhatikan lingkungan sekitar sekolah, guru berperan sebagai pengelola yakni dengan menyediakan fasilitas berupa tempat sampah; dan guru berperan sebagai demonstrator yang bertindak dengan mendorong siswa untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Hal ini menunjukkan bahwa di SDN 116 Pekanbaru guru telah menerapkan karakter peduli lingkungan. Ditunjukkan dengan adanya beberapa fasilitas kebersihan seperti tempat sampah dan tempat mencuci tangan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...