SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol 9, No 1 (2024): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Persepsi perilaku seksual pranikah : studi naratif pada mahasiswa di salah satu kampus Jakarta

Sukma, Fakhira Maya (Unknown)
Lestari, Melina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Mahasiswa dikategorikan pada tahap perkembangan yang usianya 18 sampai 25 tahun. Pada periode ini mereka mengalami transisi ke dunia kerja dan pendidikan lanjutan yang memerlukan persiapan menyeluruh baik secara fisik, emosional, mental maupun spiritual, termasuk dalam aspek kesehatan reproduksi, untuk memastikan bahwa generasi mendatang memiliki kualitas tinggi. Salah satunya termasuk perilaku seksual pranikah yang menjadi fenomena belakangan ini, maka pentingnya memiliki persepsi atas pengetahuan individu tentang perilaku seksual yang menjadi salah satu pengaruh dalam berperilaku seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai perilaku seksual pranikah menurut mahasiswa di salah satu kampus Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif, yang bersifat narasi dengan menceritakan pengalaman individu tentang persepsi perilaku seksual pranikah. Penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur terhadap 8 orang mahasiswa yang terdiri dari 6 orang Perempuan dan 2 orang laki-laki, dengan analisis data menggunakan NVIVO 14 dengan fitur wordcloud dan projectmap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada mahasiswa yang sudah memahami persepsi tentang perilaku seksual pranikah. Namun ada juga mahasiswa yang masih memiliki persepsi bahwa berpegangan tangan dan berpelukan bukan termasuk ke dalam bentuk perilaku seksual pranikah, hal tersebut tidak sesuai dengan literatur yang ada sehingga menyebabkan mahasiswa memiliki persepsi bahwa kedua hal tersebut wajar dilakukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...