Journals of Economics and Business
Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023

Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Produk Fashion Erigo di Kota Bandar Lampung

Deswan Azis, Rhamadhan Trias (Unknown)
Putri, Almira Devita (Unknown)
., Jaelani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Pada era modern di Indonesia saat ini fashion menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan khususnya bagi kaum milenial. Ketertarikan konsumen terhadap barang-barang merek lokal dipengaruhi oleh berbagai faktor. Peneliti menggunakan brand Erigo sebagai objek penelitian. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Celebrity Endorser, Citra Merek, Kualitas Produk berpengaruh terhadap Niat Beli produk fashion Erigo di Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Bandar Lampung dan memiliki niat membeli produk fashion Erigo. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 103 orang dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling.Analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji t dan f, uji koefesien determinasi. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli.Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Celebrity Endorser, Citra Merek, Kualitas Produk dan Niat Beli

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEB

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journals of Economics and Business (JEB) is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia (P-ISSN: 2962-6498, E-ISSN : 2962-6420). The scopes of this journal include the following topic areas : 1. Financial Management ( Financial Technology, ...