Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perbedaan antara etika bisnis kovensional dengan etika bisnis islam yang sesuai dengan syariat islam dan untuk mengetahui pentingnya suatu  etika bisnis islam mempengaruhi reputasi UMKM jajanan mbah yuli .Untuk menjalin hubungan dengan orang lain, etika sangat penting dalam dunia bisnis. Selain itu, penerapan etika perusahaan yang baik dapat meningkatkan reputasi usaha pada UMKM jajanan mbah yuli, meningkatkan komunikasi, dan menumbuhkan rasa saling percaya di antara penjual dan pembeli serta mencegah kesalahpahaman di antara mereka. Terdapat pelanggaran etika bisnis yang salah satunya ada pada UU No.30 Pasal 17 ayat 1 yang berbunyi “barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan Rahasia Dagang pihak lain atau melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 atau Pasal 14 dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp. 300.000.000.,00 (tiga ratus juta rupiah)”  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kepustakaan untuk mengumpulkan pendapat para ahli tentang etika bisnis islam dan peranannya dalam usaha. Dalam segala hal, etika bisnis dapat diterapkan. Ada beberapa ide yang membedakan etika bisnis syariah dari etika bisnis konvensional. Selain itu, pengaruh penerapan etika bisnis islam pada reputasi usaha umkm jajanan Mbah Yuli
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024