This study is to gather empirical evidence regarding the impact of various factors, namely shipping costs (X1), promotion (X2), timeliness (X3), and service quality (X4), on customer satisfaction at Lion Parcel Company in Yogyakarta (Y) which is a regional branch of the national company headquartered in Jakarta. The research involved the PT Lion Parcel customer with a sample size of 141 customers selected through an accidental sampling method. This research used multiple linear regression analysis using the following equation: Y = 4.548 - 0.196X1 + 0.749X2 + 0.338X3 + 0.496X4. The t-test results showed that all independent variables had significance values less than 0.05, ranging from 0 to 0.015, and the F-test showed a significance value of 0.000 with an F-value of 123.040. Shipping costs had a negative impact, while the other three variables—promotion, timeliness, and service quality—positively impacted customer satisfaction. The model used also demonstrated a good fit, as indicated by the coefficient of determination (R2) of 0.777. This research can provide insights for PT. Lion Parcel to enhance customer satisfaction, thereby increasing customer loyalty. Keywords: Customer Satisfaction, Shipping Costs, Promotion, Timeliness, Service Quality Abstrak Penelitian ini dilakukan di PT. Lion Parcel Yogyakarta, cabang regional dari perusahaan nasional yang berpusat di Jakarta. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan bukti empiris mengenai dampak berbagai faktor, yaitu biaya pengiriman (X1), promosi (X2), ketepatan waktu (X3), dan kualitas layanan (X4), terhadap kepuasan pelanggan di PT. Lion Parcel Yogyakarta (Y). Penelitian melibatkan basis pelanggan PT. Lion Parcel, dengan ukuran sampel sebanyak 141 pelanggan yang dipilih melalui metode pengambilan sampel accidental. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, hasil penelitian menghasilkan persamaan regresi berikut: Y = 4,548 – 0,196X1 + 0,749X2 + 0,338X3 + 0,496X4. Dari hasil pengujian dengan uji t, menunjukkan bahwa semua variabel independen memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05 atau berkisar 0-0,015 dan uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai F-h=123,040. Perlu dicatat, biaya pengiriman menunjukkan dampak negatif, sementara tiga variabel lainnya—promosi, ketepatan waktu, dan kualitas layanan—berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan. Model yang digunakan juga menunjukkan kecocokan yang baik, sebagaimana diindikasikan oleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,777. Penelitian ini dapat memberi masukan bagi perusahaan PT.Lion Parcel dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Biaya Pengiriman, Promosi, Ketepatan Waktu, Kualitas Layanan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024