Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran Fiqih untuk melatih berpikir kritis peserta didik di kelas 7 SMP UBQ Nurul Islam. Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif dengan pendektan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Hubbermann. Hasil dari penelitian ini diperoleh perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi teori pembelajaran konstruktivis. Adapun perencanaan pembelajaran konstruktivis yakni menyiapkan modul ajar, media ajar, dan perangkat pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan terdapat kegiatan pendahuluan dengan membaca do’a-do’a dan apersepsi yang terdapat pertanyaan-pertanyaan pemicu siswa untuk berpikir, kegiatan inti berupa membentuk kelompok diskusi dan membuat peta konsep kemudian siswa diberikan tugas mengamati, menanya, menalar, menganalisis, dan mengkomunikasikan hasil diskusi. Adapun faktor pendukung penerapan pembelajaran konstruktivis ini diantaranya adalah: dukungan dari pihak sekolah, kompetensi guru, semangat belajar siswa, dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu atau kurangnya jam pelajaran.
Copyrights © 2024