Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 4 No. 2: July-December 2024

Pembelajaran Kontruktikvis pada Pembelajaran Fiqih di SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Andriansyah, Doni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran Fiqih untuk melatih berpikir kritis peserta didik di kelas 7 SMP UBQ Nurul Islam. Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif dengan pendektan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Hubbermann. Hasil dari penelitian ini diperoleh perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi teori pembelajaran konstruktivis. Adapun perencanaan pembelajaran konstruktivis yakni menyiapkan modul ajar, media ajar, dan perangkat pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan terdapat kegiatan pendahuluan dengan membaca do’a-do’a dan apersepsi yang terdapat pertanyaan-pertanyaan pemicu siswa untuk berpikir, kegiatan inti berupa membentuk kelompok diskusi dan membuat peta konsep kemudian siswa diberikan tugas mengamati, menanya, menalar, menganalisis, dan mengkomunikasikan hasil diskusi. Adapun faktor pendukung penerapan pembelajaran konstruktivis ini diantaranya adalah: dukungan dari pihak sekolah, kompetensi guru, semangat belajar siswa, dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu atau kurangnya jam pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...