PT Excoff Kreatif Indonesia adalah bisnis baru yang memproduksi jam tangan dari limbah ampas kopi dengan sentuhan budaya pamor keris pada strapnya. Meskipun berpotensi untuk dikembangkan, Excoff masih kurang dikenal dan ingin membedakan diri dari produk sejenis. Untuk itu, dilakukan perancangan visual identity Excoff dengan mengikuti model perancangan prosedural Alina Wheeler, melalui tahapan 1) Conducting Research, 2) Clarifying Strategy, 3) Designing Identity, 4) Creating Touchpoints, dan 5) Managing Asset. Proses dimulai dengan pengumpulan dokumen, angket, dan observasi untuk analisis lanjutan dengan 5W+1H dan consumer daily activities. Selanjutnya, dilakukan penentuan konsep desain logo, pemilihan typografi, warna, dan supergrafis. Keberlanjutan kebutuhan internal dan eksternal perusahaan ditentukan berdasarkan touchpoint untuk meningkatkan pengalaman visual konsumen. Terakhir, Visual identity guidelines disusun dengan instruksi mengenai penggunaan logo, grafik pendukung, serta penerapan dan implementasinya dalam berbagai media komunikasi visual
Copyrights © 2023