VCode
Volume 3, Nomor 2, Juni 2024

Perancangan Karakter Virtual Influencer Sebagai Agen Edukasi Pembuatan Identitas Kependudukan Digitak (IKD)

Zakiy, Syaticha (Unknown)
Marwan, Ervitaliani (Unknown)
Satrya, Irvan (Unknown)
Suryadi, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Identitas Kependudukan Digital atau IKD merupakan program Kementrian Dalam Negeri yang diluncurkan pada awal tahun 2023 ini. Rentang umur generasi Z sekarang ini dapat mengajukan pembuatan IKD. Namun nyatanya, banyak Gen Z yang kurang edukasi mengenai cara pembuatan IKD. Generasi Z dapat dikatakan sebagai generasi yang dibesarkan oleh internet. Oleh karena itu, digunakan Virtual Influencer untuk mengedukasi Gen Z mengenai IKD melalui media sosial. Dalam perancangan desain karakter Virtual Influencer ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) oleh Luther – Sutopo. Pada perancangannya melibatkan proses menggambar ilustrasi desain karakter dan menganimasikannya menggunakan rigging. Karya yang dihasilkan berbenduk desain karakter yang bisa dipakai untuk membuat konten-konten kebutuhan edukasi IKD dalam media sosial. Walaupun terdapat beberapa hambatan dalam proses perancangannya, hasil dari penggunaan Virtual Influencer bisa dikatakan efektif karena sebagian besar Gen Z yang melihatnya menjadi lebih tertarik untuk membuat IKD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VCoDe

Publisher

Subject

Arts Other

Description

VCoDe: Journal of Visual Communication Design is an academic journal published by Department of Visual Communication Design, Faculty of Fine Arts and Design, Institut Seni Indonesia Padangpanjang twice a year. This journal publishes original articles with focuses on the results of studies in the ...