Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi

Pengaruh Kemasan dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Teh Botol Sosro

Mulyono (Unknown)
Damayanti, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penjualan produk Teh botol Sosro. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh kemasan dan promosi terhadap proses keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mencari data primer, melalui kuesioner terhadap responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Teh botol Sosro pada warga RT.005/03 Kecamatan Pondok Aren Kelurahan Pondok Betung Tangerang Selatan. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapat jumlah sampelnya sebesar 129 responden. Data penelitian diolah dengan analisis statistik dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan uji R2. Hasil penelitian menunjukan signifikansi kemasan 0,015 < 0,05 berarti kemasan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Signifikansi promosi menunjukan 0,014< 0,05 berarti promosi berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Kemasan dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk Teh botol Sosro dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu produk Tehbotol Sosro harus memakai logo yang baik dan promosi iklan yang tepat agar dapat lebih meningkatkan keputusan pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ileka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary ...