Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan layanan purna jual memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Permasalahan yang ditemukan pada penelitian ini adalah banyaknya perusahaan yang menghadapi tantangan dalam memastikan bahwa layanan purna jual, khususnya layanan servis perbaikan, dapat memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa pentingnya peran servis perbaikan dalam meningkatkan layanan purna jual. Metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini adalah metode studi literatur dengan data yang dikumpulkan melalui berbagai kajian berbagai literatur dan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik pengaruh servis perbaikan dalam layanan purna jual. Hasil penelitian yang diperoleh adalah servis perbaikan yang berkualitas dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Beberapa elemen kunci yang mempengaruhi efektivitas layanan purna jual dalam layanan servis perbaikan termasuk garansi, penyediaan suku cadang, pelayanan pemeliharaan berkala, kebersihan fasilitas umum, dan tanggung jawab perusahaan terhadap kerusakan pasca-servis. Kesimpulan bagi obyek penelitian dari tim penulis antara lain bahwa pengelolaan yang efektif dalam layanan purna jual sangat penting untuk mencapai keunggulan kompetitif di pasar. Hasil implementasi yang bisa disarankan kepada perusahaan antara lain memberikan panduan perawatan produk, menyediakan layanan servis datang ke tempat, dan meningkatkan kualitas teknisi dengan mengadakan pelatihan tambahan.
Copyrights © 2024