Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli tahun pelajaran 2022-2023; 2) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli tahun pelajaran 2022-2023; dan 3) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Perencanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli yaitu: menentukan pendekatan secara privat untuk mengetahui keterampilan setiap siswa dalam membaca Alquran, menentukan langkah-langkah kegiatan dalam pembelajaran, menentukan metode dan menetapkan indikator keberhasilan dalam membaca Alquran. 2) Pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli dilakukan tadarus, untuk mencapai tujuan yang diinginkan guru PAI melakukan kerjasama dengan rekan sejawat, orang tua murid, dan masyarakat. 3) Evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli dilakukan pada saat siswa membaca Alquran, yakni dengan menilai ketertiban dan kelancaran dalam membaca Alquran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024