Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika kelas IV di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. 2) Mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. 3) Mendeskripsikan solusi mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan member check. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah dalam Proses pembelajaran matematika kelas IV adalah sebagai berikut: a) Merumuskan tujuan pembelajaran; b) Menetapkan pengalaman belajar; c) Menentukan kegiatan belajar mengajar; d) Menyediakan media dan alat; e) Mengkondisikan fasilitas fisik; f) Menyusun rencana evaluasi belajar; 2) Kesulitan belajar mencakup empat hal yaitu: a) Learning disorder (kekacauan belajar); b) Learning disabilities (tidak mampu belajar); c) Learning disfunction (belajar tidak berfungsi); d) Slow learner (lambat belajar); 3) Faktor intern seperti rendahnya inteligensi dan sikap siswa. Siswa mengakui kurangnya daya serap dalam menerima materi pelajaran matematika sehingga hasil belajarnya rendah sikap tidak suka yang siswa tunjukkan dalam pembelajaran matematika membuat guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Sikap siswa yang tidak berusaha keras agar mengerti dengan pembelajaran matematika. Faktor ekstern seperti rendahnya kehidupan ekonomi keluarga, teman sepermainan, dan alat-alat belajar yang berkualitas rendah. Siswa mengaku kesulitan dalam belajar matematika, tapi tidak mampu ikut les tambahan. Faktor ekstern lainnya yang menjadi penyebab siswa kesulitan belajar matematika adalah teman sepermainan.
Copyrights © 2024