Lunggi Journal
Vol. 2 No. 2 (2024): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDS TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Rina Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi penggunaan model kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas II, kepala sekolah, dan siswa kelas II. Selanjutnya teknik analisis data yang dilakukan yaitu: reduksi data, display data, verifikasi dan penarikkan kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan 2 teknik yaitu: triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan penggunaan model kooperatif tipe talking stick yaitu; a) menyusun RPP; b) menyiapkan materi pembelajaran; c) menyiapkan media pembelajaran yakni berupa tongkat; d) pengkondisian siswa untuk siap dalam pembelajaran; e) menyampaikan prosedur pembelajaran; f) mendiskusikan dengan siswa aturan dari model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. (2) Pelaksanaan penggunaan model kooperatif tipe talking stick yaitu; a) pembagian siswa dalam beberapa kelompok; b) menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari; c) siswa diberi waktu untuk berdiskusi dan mempelajari materi; d) menggulirkan tongkat seterusnya sampai lagu berhenti dan menjawab pertanyaan; e) siswa lain boleh membantu menjawab; f) guru dan siswa menyimpulkan materi; h) guru menutup pembelajaran. (3) Evaluasi penggunaan model kooperatif tipe talking stick yaitu; a) menentukan tujuan evaluasi; b) menentukan aspek-aspek yang akan di evaluasi; c) menentukan teknik evaluasi, tes atau non tes, tertulis atau lisan; d) menyusun alat-alat evaluasi; e) melaksanakan evaluasi; f) menetukan hasil evaluasi; g) menindaklanjuti hasil evaluasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...