Penelitian ini membahas tentang: 1) Pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas tahun pelajaran 2022/2023. Efektivitas budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas tahun pelajaran 2022/2023; 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas. Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triagulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di MIN 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023 terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. 2) Keefektivan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di MIN 3 Sambas sudah efektif sesuai ukuran pencapaian efektif suatu program dari perbandingan proses dan hasil dari kegiatan budaya literasi yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran dan pencapaian keseluruhan. 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas tahun pelajaran 2022-2023 yaitu faktor pendukung pelaksanaan budaya literasi meliputi: adanya sarana dan prasarana yang memadai, kerjasama antar guru dalam proses budaya literasi serta dukungan dari orangtua siswa, faktor penghambat pelaksanaan budaya literasi meliputi: alokasi waktu literasi, karakter siswa yang berbeda, minat siswa yang rendah serta pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur’an.
Copyrights © 2024