Lunggi Journal
Vol. 2 No. 3 (2024): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

IMPLEMENTASI METODE DRILL OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA KARTU KELAS I DI SD NEGERI 18 SADAYAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Nurasyikin, Nurasyikin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: 1) Teknik guru dalam meningkatkan kemampuan menulis melalui metode drill SD Negeri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2023; 2) Pelaksanaan teknik yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill siswa SD Negeri 18 tahun pelajaran 2022/2013; 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill siswa SD Negri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2013. Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Teknik guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill SD Negeri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2023 yaitu dengan menentukan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar siswa lebih giat dan semangat dalam kegiatan menulis. Pelaksanaan teknik yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa SD Negeri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2023 yaitu dengan melaksanakan latihan dari awal yaitu membiasakan siswa menggunakan alat tulis, mengajari siswa menulis dengan buku tulis bergaris, menggunakan media pembelajaran yaitu media kartu, melatih siswa dengan perlahan. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill di SD Negeri 18 tahun pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut: a) Faktor pendukungnya yaitu, kesiapan guru, bahan pembelajaran, dan motivasi guru. b) Faktor penghambat gerakan literasi yaitu, siswa kurang fokus dan fasilitas kurang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...