Aksesibilitas bagi anak tunagrahita merupakan hal penting ketika melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah. Penyediaan aksesibilitas fisik dan non fisik yang aksesibel akan memudahkan anak tunagrahita untuk melakukan aktivitas secara mandiri. Sekolah Luar Biasa menjadi lembaga pendidikan khusus bagi anak berkebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aksesibilitas anak tunagrahita di SLB Negeri 01 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan memilih informan secara purposive sebanyak 10 informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aksesibilitas anak tunagrahita di SLB Negeri 01 Bengkulu Selatan sudah baik jika dilihat dari aksesibilitas fisik (sarana dan prasarana). Sementara aksesibilitas non fisik (informasi, komunikasi, dan teknologi) masih sulit diakses anak tunagrahita walaupun sekolah telah menyediakan group whatsaap, website, Instagram, facebook, dan memodifikasi proses penyampaikan materi dengan menggunakan teknologi. Aksesibilitas tersebut dilihat dari 4 asas, yaitu asas kemudahan, kegunaan, kemandirian, dan keselamatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024