Pelayanan ipublik imerupakan ikegiatan ibentuk ipelayanan iyang idibuat ioleh pemerintahan iuntuk ikebutuhan imasyarakat. Dijelaskan idalam iUndang-Undang No i25 iTahun i2009 itentang ipelayanan ipublik, pelayanan ipublik imerupakan kegiatan iuntuk imemenuhi ikebutuhan-kebutuhan imasyarakat idengan isesuai peraturan iperundang-undang ibagi isetiap iwarga inegara iatas ibarang idan ijasa yang iada idan idisediakan ioleh ipenyelenggara ipelayanan ipublik iKantor iSamsat Kota iSurabaya imerupakan iinstansi ipelayanan ipajak ikendaraan ibermotor iyang memberikan ikonstribusi idalam ipenerimaan ipajak inegara. Pajak imenurut undang iundang irepublik iindonesia inomor 6 itahun 1983 itentang iketentuan umum idan itatacara iperpajakan,   berdasarkan iPasal 1 ayat 1 adalah ikontribusi wajib ikepada inegara iyang iterutang ioleh iorang ipribadi iatau ibadan iyang bersifat imemaksa iberdasarkan iundang-undang idengan itidak imendapatkan imbalan isecara ilangsung idan idigunakan iuntuk ikeperluan inegara ibagi kemakmuran irakyat. iSecara iumum iSamsat iini iberfungsi iuntuk imemberikan pelayanan idan ipengawasan iterhadap ipembayaran ipajak ikendaraan bermotor. Dari ihasil ipenelitian itentang “Kualitas ipelayanan idalam imemberikan pelayanan walk ithru ipada imasyarakat idi Samsat iManyar ikota isurabaya isudah cukup bagus ikarena iSamsat iManyar imemiliki ikeunggulan iterkait idengan penampilan pegawai iyang isudah ilengkap imenggunakan iatribut iyang itelah disediakan.  Dan keahlian ikecermatan idalam iproses ipelayanan ipegawai isudah menunjukkan Keahlian idalam ipengoperasian ikomputer isudah isangat ibaik dan Kecermatan yang dimiliki pegawai juga sudah teliti.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024