Pelayanan publik atau public service adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menyelesaiakan permasalahan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya membuat inovasi KLAMPID. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembuatan e-KTP online Klampid New Generation di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Fokus penelitian ini berpedoman pada teori implementasi dari George C. Edward III yaitu 4 faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan: komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Hubermen. Keabsahan data mengunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) faktor komunikasi mempengaruhi kegagalan dikarenakan sub fokus penyebaran informasi tidak optimal. (2) faktor sumber daya mempengaruhi faktor kegagalan dikarenakan tingkat pendidikan masyarakat yang kurang sehingga berpengaruh kepada pegetahuan terhadap teknologi. (3) faktor disposisi mempengaruhi keberhasilan dikarenakan sikap dari petugas setempat sangat membantu masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan. (4) faktor struktur birokrasi mempengaruhi keberhasilan dikarenakan pelaksana kebijakan mematuhi Standar Operasional Prosedur dan pembagian tugas sesuai dengan keahlian masing-masing. Secara umum impementasi judul berhasil meskipun belum optimal, dari 4 faktor yang memiliki 8 sub fokus hanya terdapat 2 sub fokus yang mempengaruhi kegagalan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024