PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik
Vol. 4 No. 05 (2024): ADMINISTRASI PUBLIK

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN E-HEALT DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BENOWO

Elisabet U.B, Christina Sopia (Unknown)
Hartono, Supri (Unknown)
Rochim, Achluddin Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Pelayanan adalah suatu proses bantuan kepada orang lain dengan cara tertentu yang memerlukan kepekaan dan hubungan interpersonal tercipta kepuasan dan keberhasilan. Suatu upaya yang dapat memberikan layanan publik kepada masyarakat, dan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dengan mengenalkan pelayanan yang bernama e-health. E-health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memproses berbagai jenis informasi kedokteran dalam melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau terapi), administrasi serta pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas dan efesiensi e-health dalam pelayanan di Puskesmas Benowo. Dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif, artinya informasi yang terkumpul diperoleh melalui pengamatan secara lamgsumg, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 10 komponen sudah berjalan dengan baik yaitu : tangible (bukti fisik) sudah memadai dan bukti fisik yang lengkap sehingga pelaksanaan pada pelayanan bisa berjalan dengan lancar. Dari segi reliability (reabilitas) sudah diterapkan dengan baik seperti ketepatan waktu yaitu sesuai dengan SOP. Dari segi responsive (ketanggapan) sudah diterapkan dengan baik seperti selalu merepon positif dan selalu memberikan infomasi secara detail. Dari segi assurance (jaminan) puskesmas Benowo memberikan 2 jaminan kepada pasien dengan umum dan bpjs, dan untuk umum biasanya ktpnya yang luar Kota. Dari segi produksi sudah diterapkan dengan baik seperti pendaftarn menggunakan e-health dan tidak perlu mengantri di puskesmas Benowo juga bisa melayani pasien sesuai jam dan yang dibutuhkan lingkungan namun ada kendala yaitu sulitnya meminta surat rujukan. Dari segi efesien sudah diterapkan dengan baik seperti tidak mendahulukan pembayaran scera umum/bpjs karna sudah adanya penggunaan nomor antrian. Dari segi kepuasan seperti puasanya pasien pada pelayanan yang diberikan pegawai. Dari segi adaptasi sudah diterapkkan dengan baik seperti selalu sigap dan beradaptasi dalam perubahan apapun. Dari segi pengembangan sudah diterapkan dengan baik dengan adanya pelatihan yang diadakan setiap tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

praja

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, e- ISSN: 2797-0469 ini diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, Community of Research Laboratory Surabaya, Indonesia sebagai media komunikasi dan diseminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Administrasi Publik; Manajemen Publik; ...