Melalui pengamatan variasi jenis penugasan dari mitra magang dan sulitnya program WMK memenuhi muatan materi dan learning outcome mata kuliah reguler, penelitian ini ditujukan untuk mengeksplorasi tentang sejauh mana program MBKM dapat memenuhi Learning Outcome yang telah ditetapkan oleh jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretif kualitatif. Model penelitian ini berupaya menjawab permasalahan yang berkaitan dengan pertanyaan why dan how, melalui upaya pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara dan tes akademik pada beberapa mahasiswa yang diamati. Program ini disimpulkan memiliki dampak positif dalam mendukung pencapaian learning outcome Prodi, serta pada penguasaan softskill bagi mahasiswa. Namun, sebagian dari pelaksanaan program MBKM di lapangan dianggap kurang relevan dengan tuntutan kompetensi mahasiswa/lulusan, dan mitra magang kadang gagal dalam mendukung ketercapaian learning outcome yang sudah ditetapkan.
Copyrights © 2024