Kemampuan pemecahan masalah haruslah dikuasai oleh siswa agar siswa mampu memecahkan masalah yang sering ditemui pada kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, karena dapat mengembangkan keterampilan berpikir logis dan analitis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran matematika khususnya analisis kemampuan pemecahan masalah pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sejauh mana siswa SMP menguasai kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Kerinci kelas VIII/D yang berjumlah 11 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini, berdasarkan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian, melaksanakan rancangan, dan menafsirkan hasil, berdasarkan dengan indikator tersebut menunjukkan bahwa analisis kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan kelas VIII/D SMPN 1 Kerinci sebagian besar memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang masih tergolong kategori rendah dan perlu untuk ditingkatkan lagi, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep.
Copyrights © 2023