Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika implementasi kurikulum merdeka di MA Al-Amin Tabanan tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Koordinator Proyek, Guru Mapel dan Tim Fasilitator Proyek. Hasil penelitian ini yaitu implementasi kurikulum di MA Al-Amin Tabanan telah berjalan cukup baik pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Problematika implemantasi kurikulum merdeka di MA Al-Amin Tabanan yaitu perlunya adaptasi guru dengan paradigma baru terutama saat merancang perangkat pembelajaran, pemahaman guru terkait asesmen diagnostik perlu ditingkatkan, meningkatkan strategi pembelajaran, kurangnya pendampingan dan pelatihan terkait kurikulum merdeka, mendesain dan merencanakan modul ajar proyek P5PPRA masih membutuhkan pendampingan, penyusunan jadwal dan fasilitator proyek terutama pada tema kedua (suara demokrasi) masih kurang berjalan dengan baik, beberapa peserta didik mengandalkan temannya dan kurang aktif dalam melaksanakan proyek yang telah ditentukan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023