Penelitian ini dilatar belakangi terhadap ketertarikan peneliti mengenai minat nasabah untuk berinvestasi emas secara digital yang disediakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam fitur tabungan e-mas. Dalam artian nasabah tidak memegang fisik emas melainkan saldo fisik emas milik nasabah berupa gram emas yang disimpan melalui BSI Mobile. Fokus dari penelitian adalah 1) Apakah Faktor-faktor Minat Nasabah dalam Berinvestasi di Fitur Tabungan E-mas? 2) Bagaimana Minat Investasi Nasabah pada Penggunaan emas digital BSI Mobile? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang meningkatkan minat nasabah dalam berinvestasi di fitur tabungan e-mas. 2) Untuk mengetahui minat investasi nasabah pada penggunaan emas digital bsi mobile? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian ini adalah staff Bank Syariah Indonesia beserta nasabah pengguna e-mas. Serta pengumpulan data nya menggunakan; wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa faktor-faktor minat nasabah berinvestasi pada fitur tabungan e-mas meliputi faktor keyakinan yang mana nasabah melakukan pengamatan terhadap perkembangan harga emas, ketertarikan ketika nasabah berinvestasi pada fitur tabungan e-mas karena dorongan dari dalam diri sendiri, keinginan yg meliputi selera serta kepuasan nasabah ketika apa yang diinginkan terpenuhi, keyakinan terhadap fitur tabugan e-mas sehingga munculnya keputusan nasabah terhadap berinvestasi pada fitur tabungan e-mas. Dan berinvestasi emas menggunakan fitur tabungan e-mas itu mudah dalam pengoperasiannya, dan fiturnya cukup lengkap serta fiturnya sudah sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga nasabah berminat untuk menggunakan fitur tabungan e-mas dan dijadikan wadah untuk berinvestasi.
Copyrights © 2023