JI-Tech
Vol 20 No 1 (2024): Jurnal JI-Tech

Algoritma K-Means Clustering Untuk Melakukan Segmentasi Pelanggan Di Toko Gbee Glow Beauty Bumirejo

Ismanto, Bambang (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Darmawan, Wachid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Toko Gbee Glow Beauty Bumirejo merupakan toko yang menjual berbagai macam produk perawatan kulit wajah. Toko ini terletak di Jalan Pelita II No. 24 Bumirejo, Kota Pekalongan. Ada masalah dalam mengidentifikasi calon pelanggan dengan benar di Toko Gbee Glow Beauty Bumirejo. Segmentasi pelanggan dapat dilakukan menggunakan data mining dengan metode cluster untuk mengetahui potensi serta karakteristik dari setiap pelanggan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah menggabungkan model Recency, Frekuensi, Moneter (RFM) dan algoritma k-means clustering yang digunakan untuk segmentasi pelanggan. Pembentukan cluster pelanggan didasarkan pada model RFM dan algoritma k-mean yang tepat menggunakan metode CRISP-DM. Dari penelitian yang ada di hasilkan 3 cluster pelanggan, cluster pertama berjumlah 2 pelanggan masuk dalam kategori highest loyalty, cluster kedua terdapat 13 pelanggan yang masuk dalam kategori low loyalty dan cluster ketiga berjumlah 5 pelanggan pada kategori medium loyalty. Untuk penelitian selanjutnya perlu melakukan perbandingan antara algoritma k-means dengan algoritma lainnya seperti k-medoids. Perbandingan tersebut digunakan untuk mengevaluasi hasil dari masing-masing algoritma dalam segmentasi pelanggan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ji-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal JI-Tech merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh LPPM STTI NIIT dan terbit 2 kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember). Ruang lingkup publikasi yang akan diterbitkan dalam jurnal JI-Tech adalah Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Komputer, Aplikasi Mobile, ...