Toko Gbee Glow Beauty Bumirejo merupakan toko yang menjual berbagai macam produk perawatan kulit wajah. Toko ini terletak di Jalan Pelita II No. 24 Bumirejo, Kota Pekalongan. Ada masalah dalam mengidentifikasi calon pelanggan dengan benar di Toko Gbee Glow Beauty Bumirejo. Segmentasi pelanggan dapat dilakukan menggunakan data mining dengan metode cluster untuk mengetahui potensi serta karakteristik dari setiap pelanggan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah menggabungkan model Recency, Frekuensi, Moneter (RFM) dan algoritma k-means clustering yang digunakan untuk segmentasi pelanggan. Pembentukan cluster pelanggan didasarkan pada model RFM dan algoritma k-mean yang tepat menggunakan metode CRISP-DM. Dari penelitian yang ada di hasilkan 3 cluster pelanggan, cluster pertama berjumlah 2 pelanggan masuk dalam kategori highest loyalty, cluster kedua terdapat 13 pelanggan yang masuk dalam kategori low loyalty dan cluster ketiga berjumlah 5 pelanggan pada kategori medium loyalty. Untuk penelitian selanjutnya perlu melakukan perbandingan antara algoritma k-means dengan algoritma lainnya seperti k-medoids. Perbandingan tersebut digunakan untuk mengevaluasi hasil dari masing-masing algoritma dalam segmentasi pelanggan
Copyrights © 2024