Seiring berkembangnya zaman, seorang guru dituntut untuk memiliki media pembelajaran yang kreatif agar mempermudah proses pembelajaran sehingga tercipta pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media e-modul untuk mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan e-modul matematika berbasis literasi pada materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif agar memudahkan pendidik dalam proses pembelajaran statistika . Untuk kelayakan e-modul yang disajikan telah divalidasi oleh dosen ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Jadi, e-modul layak untuk diujicobakan dan diterapkan kepada pendidik sebagai bahan ajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTSS Hidayatun Nasiin yang berjumlah 10 orang yang dilakukan melalui penerapan online dengan menggunakan gmeet. Hasil dari uji coba e-modul didapatkan bahwa e-modul dapat membantu pendidik dalam menerapkan pembelajaran statistika. e-modul juga dapat diterapkan melalui offline maupun online. Hasil penelitian E-modul berpengaruh kepada peserta didik, dalam penerapan secara online diketahui bahwa dari 10 orang, 85% peserta didik dapat memahami e-modul, karena dalam e-modul kata-kata yang digunakan dapat membuat peserta didik lebih aktif, desain yang digunakan menarik sehingga peserta didik tidak mudah bosan menggunakan e-modul.
Copyrights © 2023