Jurnal Hibrul Ulama
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Hibrul’ulama

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BEKASI

Hardianto, Rizki (Unknown)
Utami, Rahma (Unknown)
Aulia, Ruhiyati (Unknown)
Farida, Nur Aini (Unknown)
Makbul, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw. Penelitian yang digunakan bersifat deskriptif yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam suatu alur yang disebut siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI dengan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan terpenuhinya KKM. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari setiap siklusnya; pada siklus I rata-rata skor ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,00% (25 siswa), dan pada siklus II rata-rata skor ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,00% (34 siswa). Dalam hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Jigsaw telah meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 BEKASI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hibrululama

Publisher

Subject

Religion

Description

Jurnal Hibrul ulama merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Alwashliyah Medan. Jurnal ini memuat tulisan tentang artikel ilmu pendidikan agama islam baik tulisan dari hasil penelitian maupun tulisan studi kepustakaan. Jurnal Hibrul ...