Metode hypnoteaching merupakan sebuah metode pembelajaran yang bertujuan untuk membangun motivasi dalam diri setiap siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode hypnoteaching memberikan sugesti tetapi guru tidak perlu menidurkan siswa akan tetapi cukup menggunakan bahasa yang persuasif dan mudah dipahami. Metode hypnoteaching sangat penting untuk pembelajaran fiqih bagi sekolah-sekolah yang tujuannya untuk memberikan semangat,motivasi,pengetahuan dan inovasi pembelajaran kepada siswa yang saat kegiatan belajar mengalami jenuh dalam proses pembelajaran.Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa MI Klayusiwalan Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang melibatkan 29 siswa kelas VI MI Klayusiwalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi langsung di sekolah MI Klayusiwalan Pati tepatnya di kelas VI. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Dari proses penelitian yang telah peneliti lakukan diperoleh hasil temuan bahwa, metode hypnoteaching untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas VI MI Klayusiwalan Pati berjalan dengan baik dibuktikan dengan adanya 3 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.Kata Kunci: Metode hypnoteaching; Hasil belajar; fiqih
Copyrights © 2024