Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara perilaku agresif ditinjau dari konformitas dan jenis kelamin pada siswa yang bermain game online dengan durasi lebih dari 2 dan adanya perbedaan perilaku agresif berdasarkan jenis kelaminĀ pada siswa yang bermain game online dengan durasi lebih dari 2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala perilaku agresif yang terdiri dari 36 item dengan reliabilitas 0.932 dan skala konformitas yang terdiri dari 16 item dengan reliabilitas 0,877. Uji hipotesis pertama pada penelitian ini menggunakan teknik product moment dengan korelasi rxy=0,712 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0.05). Hasil ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara konformitas dengan perilaku agresif. Uji hipotesis kedua pada penelitian ini menggunakan T-test dengan nilai signifikansi 0,061>0,05. Hasil ini menunjukan tidak terdapat perbedaan perilaku agresif antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan yang bermain game online dengan durasi lebih dari 2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa jika konformitas tinggi, maka perilaku agresifitasnya semakin tinggi. Kesimpulan hipotesis pertama diterima dan hipotesis kedua ditolak.Kata Kunci: konformitas, perilaku agresif, pecandu game online
Copyrights © 2024