Penelitian ini untuk memperoleh keefektifan penerapan Profil Pelajar Pancasila khususnya pada P1 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif dengan analisis (field research), sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Adapun pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian dari keefektifan penerapn Profil Pelajar Pencasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Semarang tahun 2023/2024 ini menunjukan bahwa keefektifan penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik dan efektif, dikatakan baik Karena indicator Profil Pelajar Pancasila sudah diterapkan di SMP Muhammadiyah 4 Semarang dengan cara: bersikap sopan santun kepada guru, melakukan pembiasaan-pembiasaan seperti sholat dhuha, sholat jamaah, membaca asmaul husna, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Tujuan dari pembiasaaan adalah menanamkan kepada siswa agar selalu melaksanakan ibadah rutin diiringi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, mata pelajaran PAI
Copyrights © 2024