Burnout adalah kondisi kelelahan emosional, depersonalisasi, dan berkurangnya rasa pencapaian diri yang diakibatkan oleh tekanan akademik yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling individu dengan menggunakan teknik self-management dalam menurunkan burnout akademik pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengambilan data menggunakan skala burnout akademik. Hasil menunjukkan terdapat 2 mahasiswa yang masuk dalam kategori tinggi. Setelah diberikan intervensi berupa konseling individu dengan menggunakan teknik self-management kepada 2 mahasiswa terjadi penurunan hasil dari sebelum diberikan intervensi. Hal ini menunjukkan hasil burnout akademik setelah diberikan intervensi menurun dari sebelum diberikan intervensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling individu dengan menggunakan teknik self-management efektif dalam menurunkan burnout akademik pada mahasiswa.
Copyrights © 2024