Tren aplikasi mobile pun kini berkembang pesat di Indonesia. Banyaknya aplikasi yang mampu menunjang kegiatan manusia sehari-hari ini beriringan dengan teknologi yang semakin canggih. Penggunaan aplikasi mobile dalam transaksi belanja online menjadi nilai lebih bagi perusahaan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja yang lebih efektif dan efisien. Seperti yang dilakukan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau yang biasa dikenal dengan Alfamart. Alfagift adalah aplikasi belanja online berbasis mobile yang diluncurkan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Permasalahan yang ada pada aplikasi mobile Alfagift yaitu mengacu pada ketiga aspek usability yaitu efisiensi, efektivitas dan kepuasan. Maka dari itu pengujian dilakukan terhadap aplikasi mobile Alfagift bertujuan untuk mengukur tingkat usability dari aplikasi tersebut dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode System Usability Scale (SUS) dipilih karena pada metode ini pengujian dilakukan dengan melibatkan pengguna akhir, di mana pengujian dengan metode ini lebih menekankan pada sudut pandang pengguna akhir sehingga hasilnya akan lebih sesuai dengan apa yang dihadapi dan dirasakan oleh pengguna. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa aplikasi mobile Alfagit menghasilkan skor 62.3 yang artinya masuk ke kategori “marginal” atau dapat diterima secara marginal, masuk ke dalam grade D dan masuk ke dalam kategori “ok” atau dinilai cukup baik menurut penilaian kata sifat.
Copyrights © 2023