Dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat secara menyeluruh dapat dilakukan salah satunya dengan layanan perpustakaan keliling sehingga akan memungkinkan bagi masyarakat yang berada jauh dari layanan perpustakaan umum dapat memanfaatkan layanan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan layanan perpustakaan bagi masyarakat pesisir berdasarkan model pemanfaatan R-I-R (Reason-Interaction-Result), kendala yang dihadapi serta upaya mengatasi kendala dalam pemanfaatan layanan perpustakaan oleh masyarakat pesisir di Perpustakaan Keliling Terapung Ditpolairud Polda Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menggambarkan alasan masyarakat memanfaatkan layanan perpustakaan cenderung untuk alasan pribadi baik kognitif maupun afektif. Interaksi yang masyarakat rasakan berupa koleksi yang up to date, kemudahan akses terhadap koleksi serta keterbaruan pada koleksi yang disediakan sehingga pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat terpenuhi. Dari interaksi tersebut maka akan memberikan hasil dari proses interaksi berupa perasaan senang dan nyaman saat berada di perpustakaan, serta mendapatkan informasi dan pengetahuan baru setelah memanfaatkan layanan perpustakaan. Kendala yang dialami disebabkan oleh faktor alam dan penentuan lokasi serta jadwal layanan perpustakaan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu dengan melakukan koordinasi dengan pimpinan berdasarkan apa yang menjadi kendala teknis di lapangan. Staf juga berupaya dalam penyediaan fasilitas seperti buku, penyediaan kebutuhan logistik dan memberikan hiburan atau kegiatan yang bersifat edukatif agar masyarakat merasa nyaman dan betah saat memanfaatkan layanan perpustakaan.
Copyrights © 2024