Jurnal Biologi
Vol. 1 No. 4 (2024): August

Pembelajaran Batik Terintegrasi Etnosains dan Pemikiran Kritis Siswa di Sidoarjo

Fionita, Sri Ayu (Unknown)
Wulandari, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

berpikir kritis siswa dalam konteks pembuatan batik Sidoarjo. Menggunakan desain kuasi-eksperimental, dengan kelompok kontrol yang tidak ekuivalen, penelitian ini menggunakan uji-t sampel berpasangan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (p = 0,013) dalam kemampuan berpikir kritis di antara siswa yang terlibat dalam pembelajaran terintegrasi etno-sains dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menggarisbawahi pengaruh integrasi etno-sains dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan potensi penggabungan etno-sains ke dalam pendidikan sains untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, mengatasi kesenjangan penting dalam penelitian yang ada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biology

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Social Sciences

Description

Jurnal Biologi ISSN 3026-7390 combines two crucial aspects of the biology world.Biology education and the practical application of biological science. The journal plays a vital role in supporting the integration of biological science with practical contexts across various fields. This journal aims ...