Usaha tani ini memiliki beberapa permasalahan, salah satunya adalah masalah pemasaran. Pemasaran produk cabai rawit juga harus diperhatikan dengan baik agar terjadi pemasaran yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis macam-macam pola pemasaran cabai rawit (2) menganalisis efisiensi pemasaran setiap pola pemasaran cabai rawit Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo bulan September sampai Oktober 2022. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat tiga saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Bungatan, yaitu saluran 1 tingkat : petani – pengumpul – konsumen, saluran 2 tingkat: petani – pengumpul – pengecer – konsumsi, saluran 3 tingkat : petani – pengumpul – pedagang besar – pengecer – konsumen, (2) semua saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo sudah efisien karena Farmer's share ≥ 50 %, marjin pemsaran ≤ 50% dan rasio keuntungan terhadap biaya lebih dari 1.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024