Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematika siswa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Bonepantai. Pengambilan data dimulai dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan komunikasi matematika kepada siswaHasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 68,80% artinya sudah sebagian besar siswa sudah mampu dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sedangkan untuk keseluruhan kemampuan komunikasi matematika siswa mencapai 66,73% artinya sebagian besar siswa sudah mampu dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematika. Akan tetapi, tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi belum tentu memiliki tingkat kemampuan komunikasi yang tinggi dan siswa yang berkemampuan tinggi pada komunikasi matematika sebagian besar hanya memiliki tingkat kemampuan sedang pada indikator kemampuan pemecahan masalah matematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024