Studi ini bertujuan untuk menganalisis perkuliahan daring yang dinilai berdasarkan kualitas layanan daring terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pengguna layanan yang diberikan oleh pihak fakultas. Aplikasi perkuliahan daring dinilai memberikan kontribusi positif dan pengalaman yang baik bagi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran bersama dosen. Dalam penelitian ini kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan daring yaitu teaching, support service dan system. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa fakultas ekonomi universitas Sintuwu Maroso Poso semester IV, sampel pada penelitian ini sebanyak 57 mahasiswa sebagai pengguna dengan alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan daring yang didasarkan teaching, support service dan system secara uji simultan (F) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, selanjutnya secara parsial bahwa teaching (X1) berpengaruh signifkan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,001, support service (X2) tidak berpengaruh signifkan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,804 dan system (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,036. Dapat disimpulkan penilaian mahasiswa sebagai pengguna aplikasi perkuliahan daring didasarkan variabel-variabel kualitas layanan daring memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Copyrights © 2023