ABSTRAK Kesadaran masyarakat dalam melakukan SADARI di Indonesia masih sangat rendah (46,3%) terutama pada remaja putri yang masih awam dengan pemeriksaan SADARI. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan juga keterampilan dalam melakukan SADARI. Tujuan penelitian ini untuk engetahui apakah ada Pengaruh Pendidikan Teman Sebaya Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan SADARI Pada Remaja Putri di SMK Negeri 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre eksperimen. Pendekatan yang digunakan one group pre test-post test with control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok intervensi yang diberikan Pendidikan teman sebaya menggunakan media audio visual dan kelompok control yang diberikan hanya menggunakan leaflet hasil uji statistic menggunakan Wilcoxon Signed rank test serta menggunakan uji mann withney untuk mengetahui perbedaan, sebanyak 48 responden mengalami peningkatan skor tingkat pengetahuan setelah dilakukan intervensi berupa diberikan Pendidikan teman sebaya dibandingkan sebelum dilakukan intervensi, serta terdapat 6 responden yang memiliki nilai yang sama atau tidak mengalami perubahan skor pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi berupa Pendidikan teman sebaya. didapatkan nilai P value 0,000 0.05. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh Pendidikan Teman Sebaya Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan SADARI Pada Remaja Putri Di SMK Negeri 5 Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengaktifkan kembali kelompok teman sebaya sehingga pemberian edukasi oleh pendidik teman sebaya tentang SADARI dapat tersosialisakan pada seluruh siswi di SMK Negeri 5 Semarang. Kata kunci : Keterampilan, Pendidikan Teman Sebaya, SADARI, Tingkat Pengetahuan Daftar pustaka : 49 (2016-2023)
Copyrights © 2023