Journal of Business Management
Vol. 1 No. 2 (2023): December

Peran kemampuan pemasaran dinamis dalam tingkat pertumbuhan UKM: Perspektif Sumber Daya dan Kemampuan Dinamis

Alwi, Annisa Lutfi (Unknown)
Cahyaningrum, Descha Giatri (Unknown)
Sundari, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM), hubungan antara ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dalam konteks UKM, dan pengaruh kemampuan pemasaran (MC) pada pertumbuhan perusahaan, serta bagaimana kaitannya dengan ukuran perusahaan. Kerangka teoritis didasarkan pada pandangan berbasis sumber daya dan kemampuan dinamis. Data dikumpulkan dari UKM Indonesia dan dianalisis dengan structural equation modeling. Responden adalah chief executive officer atau pemilik perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM dapat maju secara signifikan dan cepat jika mereka berinvestasi dalam sumber daya manusia serbaguna, terutama di bidang pemasaran. Studi ini membawa wawasan baru dari perspektif UKM. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai jenis pertumbuhan secara terpisah. Studi ini berkontribusi pada kebutuhan ini dengan menunjukkan hubungan antara tingkat pertumbuhan karyawan dan MC di UKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business Management (JoBM) officially registered in the National Research and Innovation Agency, Directorate of Multimedia Repository and Scientific Publishing, ISSN INDONESIAN NATIONAL CENTER with ISSN Number 3025-7689 (online). This journal is published three times a year (April, ...