Fahma : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen
Vol 22 No 1 (2024): Januari 2024

Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia

Panjalu, Jatiro Feshago (Unknown)
Muslikhah, RR. Siti (Unknown)
Utami, Tri Lestari Wahyuning (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Perkembangan UMKM dapat dimulai dari bagaimana UMKM melakukan branding untuk produk ataupun usahanya. Branding bukan hal yang mudah dilakukan karena untuk membangun brand dibutuhkan kemampuan dan media yang membantu bagaimana suatu brand dikenal dan diingat oleh masyarakat. Karena membangun brand penting, khususnya UMKM, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas mengenai bagaimana pemasaran digital mampu menjadi media UMKM di Indonesia untuk mengembangkan diri melalui branding. Untuk menganalisis hal tersebut, penelitian ini menggunakan data sekunder hasil laporan survei dari datareportal.com yang didukung oleh penjelasan penelitian terdahulu. Hasilnya, penelitian ini mengangkat 3 (tiga) hal dari pemasaran digital yang dapat digunakan untuk branding UMKM, yaitu (a) pemanfaatan Google Profil, (b) penggunaan media sosial untuk, dan (3) penggunaan marketplace atau e-commerce. Dengan mengadopsi tiga media tersebut, UMKM dapat mulai mengembangkan brand-nya dari mulai pengenalan produk dan usahanya hingga pada menciptakan loyalitas konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fahma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

Jurnal FAHMA adalah jurnal yang memuat naskah ilmiah dari peneliti, akademisi, maupun praktisi, berupa hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji bidang Ilmu Komputer antara lain sebagai berikut : Kecerdasan Buatan, ...