Agri Wiralodra
Vol. 16 No. 1 (2024): Usaha tani, pemasaran, nilai tambah

Strategi Pemasaran Varietas Cabai OP Seloka IPB dan Anies IPB

Ginantaka, Aditia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Pengembangan varietas baru cabai merupakan salah satu langkah strategis untuk mendukung pasokan kebutuhan cabai. Kebutuhan cabai tidak hanya ditujukan pada skala industri, tetapi juga untuk kebutuhan skala rumah tangga. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komersialisasi yang tepat untuk memasarkan benih cabai OP Seloka IPB dan Anies IPB yang merupakan invensi dari peneliti IPB. Metode kajian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis bauran pemasaran, analisis STP (segmenting, targetting dan positioning) serta analisis BMC (business model canvas). Hasil analisis menunjukan kajian ini dapat menjadi pertimbangan perusahaan dalam menyelaraskan strategi pemasaran benih cabai. Hasil perancangan model bisnis telah berhasil menyusun pemetaan terkait operasionalisasi bisnis benih cabai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agriwiralodra

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agriwiralodra adalah publikasi ilmiah pada semua aspek ekonomi pertanian dan komoditas agribisnis yang meliputi: pengembangan pertanian, pengelolaan pertanian, kebijakan pertanian, penyuluhan pertanian, pemasaran hasil pertanian, sistem agribisnis, perdagangan internasional, komunikasi ...