AbstractThis paper departs from the author's interest in the practice of reading wirid collectively by the Muhammadiyah modernist Islamic group. Unlike wirid in general, which takes the form of sholawat, istighfar, and dhikr, wirid eleven verses consists of certain parts of the Qur'anic verses with several affixes of Allah, Insyallah, al-hamdulillah, and Allahu Akbar. Wirid eleven verses is taught through oral tradition, therefore this research was conducted to trace the verses used as wirid and then make it a text. This research will discuss how the historicity of wirid eleven verses reached the Muhammadiyah community in Sidoharjo village whose implementation of Sufism is different from traditionalist Islamic groups and the purpose of reading wirid eleven verses for its practitioners and how it affects the Muhammadiyah community in general. This research is field research with the main data in the form of interviews, the approach used in the research is a philosophical historical approach. Wirid eleven verses was spread by Haji Widarso Widarsono. This Wirid has two purposes, implied purpose and explicit purpose. The implicit purpose of this wirid is as a tool or knowledge (panginjen) of Allah's knowledge and a form of taqarrub ilaa Allah. While the explicit purpose of wirid is manifested in the aspects of education for the elderly, Islamic propagation, strengthening tawhid, and as a representation of the implementation of accommodative Muhammadiyah Sufism. Wirid eleven verses is proof that purification groups do not always idolise wirid practices, but actively take part by modifying them without eliminating the ideology they believe in, while wirid eleven verses, are verses chosen as the essence of the Qur'an which is loved by Allah. AbstrakTulisan ini berangkat dari ketertarikan penulis terhadap adanya praktik pembacaan wirid secara kolektif oleh kelompok Islam modernis Muhammadiyah. Tidak seperti wirid pada umumnya, yang berbentuk sholawat, istighfar, dan dzikir, wirid sebelas ayat terdiri dari bagian bagian tertentu dari ayat-ayat Al-Qur’an dengan beberapa imbuhan Allah, Insyallah, al-hamdulillah, dan Allahu Akbar. Wirid sebelas ayat diajarkan melalui oral tradition, oleh itu penelitian ini dilakukan untuk menelusuri ayat-ayat yang digunakan sebagai wirid lalu menjadikannya sebuah teks. penelitian ini akan membahas bagaimana historisitas wirid sebelas ayat hingga sampai di masyarakat Muhammadiyah di desa Sidoharjo yang implementasi tasawufnya berbeda dengan kelompok Islam tardisionalis dan tujuan pembacaan wirid sebelas ayat bagi pengamalnya serta bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat Muhammadiyah secara umum. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan data utama berupa wawancara, pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan historis filosofis. Wirid sebelas ayat disebarkan oleh Haji Widarso Widarsono. Wirid ini memiliki dua maksud, maksud tersirat dan maksud tersurat. Maksud tersirat wirid ini ialah sebagai alat atau ilmu (panginjen) ilmu Allah dan bentuk taqarrub ilā Allah. Sedangkan maksud tersurat wirid diwujudkan pada aspek pendidikan kaum lansia, syiar Islam, penguatan tauhid, dan sebagai representasi implementasi tasawuf Muhammadiyah yang akomodatif. Wirid sebelas ayat menjadi bukti kelompok purifikatif tidak selalu membid’ahkan praktik-praktik wirid, namun turut aktif mengambil bagian dengan memodifikasi tanpa menghilangkan ideologi yang dipercaya, adapun wirid sebelas ayat, merupakan ayat-ayat yang dipilih sebagai intisari Al-Qur’an yang dicintai Allah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023