Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen
Vol 12 No 1 (2024): Volume 12 Nomor 1 2024

PERAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PELANGGAN DZ BILLIARD

Rosyidi, Deangga Yusuf (Unknown)
Waskito, Jati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kepuasan pelanggan sebagai pemediasi pada pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan Dz Billiard. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi penelitian ini ialah setiap masyarakat yang pernah bermain billiard di DZ Billiard Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive. Perhitungan sampel penelitian ini dengan perhitungan Malhottra. Jumlah sampel penelitian ini ialah 110 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berperan dalam memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jursima

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini merupakan sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinil yang berhubungan dengan sistem informasi dan komunikasi, sistem komputer, manajemen informatika serta bidang-bidang terkait lainnya. Adapun ruang lingkup jurnal JURSIMA ini meliputi: Manajemen E-Business dan E-Commerce ...