Sejak awal didirikan di Indonesia pada tahun 2015, kepopuleran Shopee sebagai marketplace pilihan banyak orang untuk berbelanja secara daring (online) terlihat meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia belanja online menjadi semakin populer bagi banyak orang, tentunya bagi yang mempunyai smartphone (telepon pintar) dan akses internet. Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menjadikan belanja online sebagai pilihan yang aman dan utama. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk mengunjungi dan akhirnya berbelanja di situs Shopee. Tulisan ini menggunakan studi literatur yang diambil dari berbagai jurnal dan pustaka yang membahas tentang kiat, usaha dan program apa saja yang dilakukan oleh Shopee yang membuatnya akhirnya unggul di kuartal x dibandingkan dengan platform e-commerce dan marketplace yang lain. Banyak inovasi dan strategi marketing yang telah dilakukan Shopee untuk melakukan penetrasi pasar contohnya iklan dengan Brand Ambassador yang masif, flash sale dan special event serta gamifikasi pada aplikasi mobile. Saat ini, ShopeePay yang merupakan afiliasi dari Shopee sebagai alat pembayaran digital semakin populer dan menempati posisi puncak. Since its establishment in Indonesia in 2015, the popularity of Shopee as a preferred online marketplace for many people has been increasing year by year. In Indonesia, online shopping has become increasingly popular for many individuals, especially for those who own smartphones and have internet access. The implementation of PSBB (Large-Scale Social Restrictions) has made online shopping a safe and primary choice. This study focuses on the factors that influence the public to visit and ultimately shop on the Shopee platform. This article utilizes a literature review from various journals and references that discuss the strategies, efforts, and programs carried out by Shopee, which have propelled it to outperform other e-commerce platforms and marketplaces in quarter x. Shopee has implemented numerous innovations and marketing strategies to penetrate the market, such as extensive advertising with Brand Ambassadors, flash sales, special events, and gamification within their mobile application. Currently, ShopeePay, an affiliate of Shopee serving as a digital payment method, is becoming increasingly popular and is taking the lead position.
Copyrights © 2024