Sejak tahun 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut telah melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan secara online, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa permasalahan sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan administrasi kependudukan secara online tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (naturalistik) dengan jenis deskriptif dimana peneliti sebagai instrumen penelitian melakukan pengambilan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dimensi produktivitas jumlah permohonan pelayanan online lebih sedikit dibandingkan permohonan pelayanan manual begitu juga jumlah penerbitan dokumen pelayanan online lebih sedikit dibandingkan penerbitan dokumen pelayanan manual. Dalam dimensi kualitas, kualitas produk administrasi kependudukan secara online sudah cukup baik tetapi kualitas pelayanan administrasi kependudukan online belum memuaskan karena seringkali terkendala oleh sarana dan prasarana. Dalam dimensi efisiensi. pelayanan administrasi kependudukan online mempersingkat waktu pelayanan dan mempersingkat prosedur. Dalam dimensi kemampuan. pelayanan administrasi kependudukan online menuntut kemampuan masyarakat menguasai teknologi informasi dan petugas bersikap siap tanggap. Dalam dimensi manfaat. Masyarakat merasakan manfaat pelayanan adminitrasi kependudukan online dan meresponnya dengan baik. Ditemukan faktor penghambat dari segi sarana prasarana dan kurangnya pemahaman masyarakat serta kurangnya fasilitas yang dimiliki masyarakast. Peneliti mengajukan beberapa saran baik kepada instansi masyarakat maupun peneliti selanjutnya demi perbaikan pelayanan administrasi kependudukan secara online di masa yang akan datang.
Copyrights © 2023