Kantor Desa Karangmulya masih belum Optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat dilihat dari 1). Kurangnya disiplin petugas 2). Transparansi biaya tidak jelas 3). SOP yang tidak jelas 4). Sarana dan pasarana yang masih belum memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pelayanan di kantor desa Karangmulya Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan survey lapangan dan wawancara langsung dengan pegawai kantor desa karangmulya dan studi dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari kelima dimensi kualitas pelayanan yang diambil masih ada beberapa indikator yang memang kurang dalam implementasinya yaitu dimensi tangibel (bukti fisik) dimana tempat fasilitas pelayanan belum memadai, dimensi Reliability (Kehandalan) dimana masih ada beberapa pegawai yang belum piawai menggunakan komputer dan dimensi emphaty (empati) dimana hubungan pegawai layanan dalam melayani pengguna layanan. Maka dari itu diharapkan dari penelitian ini dapat menjadi masukan baik kepada pihak desa maupun instansi terkait untuk meningkatkan kedisiplinan, agar kedepannya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin baik.
Copyrights © 2024