Hasil pengabdian pada masyarakat ini membahas tentang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan fokus pada kontribusi peningkatan perekonomian dan permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM kelompok Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Desa Prima). UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, mencakup sebagian besar usaha nonpertanian, menyumbang signifikan pada penyerapan tenaga kerja, dan memainkan peran utama dalam pengembangan ekonomi kerakyatan. Namun, UMKM menghadapi keterbatasan dalam akses perbankan, rendahnya SDM, terbatasnya penggunaan teknologi, dan kesulitan mengimbangi perubahan selera konsumen dan ekspor. Solusi pemasaran strategis bagi UMKM termasuk memahami kebutuhan target pasar, menciptakan produk yang menarik minat konsumen dengan nilai tambah seperti, kemasan yang unik, promosi yang tepat, dan pelayanan konsumen yang prima. Perlunya Juga membuka peluang jejaring, pendekatan personal pada konsumen, memanfaatkan media sosial atau website, serta konsistensi dalam penerapan strategi. Strategi pemasaran yang tepat agar dapat membantu UMKM untuk terus tumbuh dan bertahan dalam persaingan pasar yang kompetitif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024