Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam
Vol 5, No 2 (2024)

ANALISIS SENTIMEN MAHASISWA TENTANG MODEL PERKULIAHAN HYBRID TEACHING PADA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UMI MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING

Basri, Nur Anisa (Unknown)
Salim, Yulita (Unknown)
Darwis, Herdianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Model perkuliahan hybrid teaching yang dilaksanakan menuai kontroversi di kalangan mahasiswa. Banyak pendapat mahasiswa yang dikeluarkan  terkait metode pembelajaran hybrid teaching di Fakultas Ilmu Komputer UMI. Penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen mahasiswa terkait perkuliahan hybrid teaching dengan menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN), Naïve Bayes, dan Support Vector Machine (SVM) menggunakan pelabelan NLTK, pengujian dengan  cross validation, dan menggunakan unigram tokenizing. Teknik pelabelan NLTK yang digunakan pada penelitian ini menghasilkan tingkat keakuratan algoritma KNN dengan 67.74% dibandingkan dengan algoritma Naïve Bayes dan SVM yang memiliki nilai akurasi sebesar 100%. Sehingga algoritma Naïve Bayes Classifier dan SVM dapat digunakan dengan baik pada pengklasifikasian sentimen mahasiswa terhadap perkuliahan dengan metode pembelajaran hybrid teaching di Fakultas Ilmu Komputer UMI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BUSITI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI) is an Indonesian scientific journal published by the Department of Information Technology, Faculty of Computer Science, Universitas Muslim Indonesia. BUSITI covers all aspects of the latest outstanding research and developments in the field of ...